Rabu, 23 Mei 2012

Serat Alam Gaib

burung-burung lupa menyanyi untuku pagi ini
gajah dan singa juga tak menyapaku.
capung dan kupu-kupu juga tak hinggak dikepalaku


aku duduk di sudut kebun
dibawah pohon mangga yang katanya angker.
aku pejamkan mata. meresapi pagi, sendiri
dibawah pohon-pohon mangga yang katanya angker.


tapi ini pagi, mana ada hantu yang keluar
menampakan diri
menakut-nakuti anak kecil dalam bentuk menyeramkan


dalam bentuk gombalan putih seperti bantal guling
atau wanita dengan punggung berlubang


ini sudah pagi, hantu-hantu itu sudah lepas kostumnya.
mereka sudah mandi sehabis subuh tadi.
mereka sudah berdandan rapi.


dari bawah pohon mangga
yang katanya anger aku melihat jalanan dari kejauhan


oh itu ada pocong!
yang semalam memakai gombalan putih yang lusuh
tapi kenapa sekarang ia memakai seragam rapi
coklat-coklat seperti pegawai pemerintahan?


oh disana ada genderuwo!
tapi kenapa dia sekarang memakai dasi
dan setelan rapi itu? dan sepatu kulit yang kinclong itu?
kenapa genderuwo pagi-pagi berdandan seperti itu?
mau kemana ia siang ini?


aku menggapai-gapai pandanganku lagi
aku duduk memandang dengan heran
dari bawah pohon mangga yang katanya angker


oh itukan mbak kunti!
kenapa dia memakai baju sexy
mau kemana ia pagi-pagi dengan pakaian seperti itu?
kok dia pegang majalah gosip? kemana baju putih panjangnya?


oh disana ada sekumpulan tuyul!
kok dia pakai pakaian keagamaan?
kemana popok lusuhnya? kenapa mereka memakai sarung?peci?
dan itu ada yang pakai pakaian pastur! apa yang akan mereka curi di masjid?
digereja?


aku hampir bingung dan mutah


mataku semakin jelalatan.
memandangi jalanan yang ramai


tiba-tiba aku dikagetkan suara sirene
sirene itu berasal dari mobil-mobil mulus dan gagah
dan didalamnya?! betapa kagetnya?!
mereka ternyata banaspati yang memakai pakaian ajudan!
gila, mereka sampai memakai kacamata hitam?!
aku ingincari tahu, apa yang mereka kawal?


kuamati benar-benar, ternyata itu mobil kepresidenan!
entah siapa itu, rambutnya klimis, matanya menatapku!
pakaianya rapi, tapi..dia kan..
dia kan buto ijo...!!!


wah..aku lari..aku lari
pusing bingung. dan kaget!
ternyata yang aku kira pohon-pohon angker itu ternyata
tempat ibadah! sekolahan!


ternyata capung, gajah, singa, burung dan kupu-kupu itu
patung semua! aku tertipu mentah-mentah!
kebun yang aku kira kebun, ternyata kuburan!


aku lari, aku merasa dibohongi
setiap orang yang aku temui dijalan
matanya satu! mereka senyum sambil menawarkan bunga dan mengajak minum teh!
pantas mereka memakai kacamata
mereka mau menyembunyikan matanya yang entah kenapa cuma satu!
mereka mau menipuku!


aku mutah dijalan, didekat kantor sebuah parpol
dan betapa kagetnya aku,
ternyata pegawainya segrombolan setan!
wewe gombel, mak lampir, jerangkong,
grandong dan jengglot ada semua!
entah ada berapa spesies setan lagi yang belum bisa aku
identifikasikan!


aku takut
pasti aku sedang masuk ke alam demit!
aku pasti sudah di neraka!
tapi kalo neraka, kenapa ada carefour, mall, rumah ibadah, sekolah
rumah sakit, kantor-kantor pemerintah? apa memang neraka ini begini?
ahh..aku belum mati, tak mungkin ini neraka
pasti aku ada di alam gaib! aku frustasi!


saat itu pikiranku cuma bunuh diri!
aku takut melihat setan-setan disekitaku!


didepanku ada jembatan. dibawahnya ada sungai.
aku lompat sambil menagis.
dan ketika hampir nyebur sungai, aku melihat bayangan diriku di air
dan ternyata!
aku ini gundul pringis! setaaan juga aku!
sebelum tenggelam aku pingsan duluan!


-IA-
(jogja-240512)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar