Sabtu, 14 April 2012

Cerita Hantu Kotak



Nanti
Ada seuatu masa
Ketika manusia yang sesungguhnya
Tergugah
Dan bangun
Dan berontak
Melihat alamnya di dorong habis oleh kekuasaan
Dan buminya dilubangi dalam-dalam

Ada suatu masa
Ketika manusa yang sesungguhnya
Muak
Marah
Dengan mereka
Para birokrat yang menghisap darah rakyat
Yang menebar benih ke putus asaan

Nanti

Manusia akan merdeka
Dan menyuarakan gelegar kebaikan kasih sayang
Menghancurkan semua cawan birokrasi yang memuakan
Menghancurkan gergaji-gergaji yang merobohkan
Menghancurkan senapan-senapan kekuasaan

Bukan, bukan dengan mengangkat senjata kawan
Bukan dengan bensin, kain dan botol kecap
Tapi dengan kasih sayang yang tulus
Yang dengan hati menegakan sendi-sendi yang roboh,hampir mati.
Demi manusia dan batinnya
Demi alam yang sudah muak dilukai
Demi tumbuhan, hewan dan bakteri

Dan demi kebaikan-kebaikan yang siap tumbuh disegala sisi bumi
-IA-

Orang jawa sekarang ini terjebak oleh apa yang dibawa hantu kotak. Kalian pernah dengar cerita tentang hantu kotak? Aku sangat benci hantu ini, hantu kotak itu menyeramkan. Jika kalian belum pernah mendengar cerita hantu kotak, hari ini aku ceritakan kalian tentang hantu kotak, musuh manusia jawa, musuh manusia indonesia. Simak baik-baik, karena siapa tahu, hantu kotak ada disekitar kalian.

Hantu kotak itu hantu yang sangat menakutkan. Sangat sakti, karna ia bisa muncul disiang dan malam hari. Bahkan ketika adzan, ketika hantu-hantu lain menyembunyikan diri, hantu ini datang dan siap mencekik apa yang didepannya. Ia bisa mencekik manusia yang terlena. Ini sangat fatal, karna jika kalian tercekik hantu kotak, urat-urat kalian akan berantakan. Urat leher terpotong. Dan anda akan menjadi manusia beringas dan tidak bisa berpikir panjang. Cekikan hantu kotak bisa memutuskan hubungan saraf otak sehingga membuat manusia menjadi gila dan sangat irasional. Jika hantu kotak menjelma pada wujud lain, ia akan menyemburkan kabut yang membutakan mata korban, ia akan menyerang dengan kabut pada saat pagi, siang, sore dan malam. Kabut ini membuat kalian buta berkepanjangan. Kalian tidak bisa membedakan mana tahi mana tahu. Pandangan kalian akan kabur, sehingga sulit berjalan dengan benar. Saat maghrib telas habis, hantu kotak akan mengganti modus menyerang. Hantu ini akan mencolok mata kalian. Sehingga kalian benar-benar kesakitan dan enggan membuka mata lagi. Air mata kalian keluar tiba-tiba. Kalian tidak bisa mengerti realitas yang ada. Hantu kotak menyerang kerangka pikiran. kalian tidak akan sadar hingga waktu yang lama. Berhati-hatilah. Cara terbaik menghindari hantu kotak ini adalah dengan berlari secepat-cepatnya ketika kalian bertemu hantu ini. Atau jika kalian memiliki nyali colok saja matanya, agar ia tidur. Dan jangan biarkan ada orang lain yang terlena untuk membangunkanya lagi. Atau jika kalian memiliki keberanian, tarik saja ekornya, sehingga ia lemas dan mati, karna ekornya itu menghubungkanya dengan kekuatan gaib. Saat kalian berani menarik ekornya, maka terputuslah hubungan hantu kotak dengan kekuatan gaib tersebut. Lalu ia akan diam, seperti mati, dan tampak bagaikan kotak tak berguna. Tapi masih ada kemungkinan ekor itu terhubung lagi dengan kekuatan gaib tersebut. Orang yang menyambungkan, atau terlena untuk membangunkan hantu kota adalah orang yang sudha terhipnotis. Jangan salahkan orang itu, orang itu hanya korban dari hantu kotak. Orang-orang itu benar-benar sudah terinfeksi. Kalian bisa menyembuhkan korban itu, tapi butuh waktu yang lama. Jika kalian adalah orang yang selalu ingat dan waspada, hantu kotak tidak akan mempan menyerang kalian. Tapi tetap waspada. Karna ia bisa menular lewat udara, atau lewat manusia yang sudah terinfeksi. Waspadalah, kepada setiap ancaman hantu kotak!

Hantu kotak ini sebenarnya bukan hanya mitos dari tanah jawa. ia sudah ada diseluruh nusantara, bahkan ia sudah mendunia. Tapi orang-orang jawa merupakan korban terbanyak di indonesia. Jawa- seluruh pulau jawa.

Kadang aku heran. Orang jakarta tak mau dikatakan orang jawa. mungkin seluruh jakarta sudah di cekik oleh hantu kotak. Tapi tak hanya jakarta, hantu kotak sudah mencekik seluruh kota. Aku bahkan pernah tercekik hantu ini. Untunglah, sedikit demi sedikit aku mulai memiliki nyali untuk melawan hantu ini.

Salah satu pengaruh hantu cekik adalah membuat kita tak bisa memisahkan hal “klenik” dan “misteri”. Setiap misteri akan dihubungkan dengan klenik. Setiap klenik menyembunyikan sosok misterius. Dan sosok misterius selalu membawa kekuatan negatif.

Percayakah kalian dengan hal-hal gaib? Dengan apa yang menjaga bumi atas kuasa dari langit? Hantu kotak telah merubah harmoni ini. Kita hantam rata yang ada. Lalu pantai selatan menjadi klenik. Dan ada yang tersesat memuja kekuatannya.

Sedekah laut. Apa yang dilakukan nenek moyang orang jawa itu bukan sesat. Mereka – nenek moyang kita-bukan menyembah yang ada dilalui. Mereka menghormati. Hormat bukan tunduk, mereka menghargai keadaan mereka yang menjaga harmoni alam. Ingatkah kalian dengan kata “kencana” yang dulu aku singgung saat membahas sebuah bus yang gemar merenggut nama orang? Kita anggap ini klenik. Lalu kita salahkan apa yang tak kasat mata. betapa egoisnya manusia.

Lalu munculah ratu selatan dalam perwujudan alm.suzana. munculah sundel bolong dan wewe gombel yang menyiutkan otak kita. Sehingga kita dengan menutup mata menyusun keberanian untuk menumpas para penjaga harmoni bumi. Kita jadi buta karna pengaruh hantu kotak.

Dulu, ketika pohon masih dikeramatkan. Ketika orang kencingpun harus bilang permisi. Orang jadi takut membabat hutan. Tak ada yang berani menebang pohon sembarangan.

Dulu, ketika laut masih dihormati dan disunyikan. Tak ada yang berani buang sampah dilaut. Jangankan buang limbah,kawan, orang dulu tak ada yang berani berak di laut. Kuwalat.

Dulu, ketika gunung, sungai dan mata air dikeramatkan, diberi bunga tujuh rupa setiap malam jum’at. Tak ada yang berani merusak. Tak ada yang berani seenaknya bangun rumah di gunung. Tak ada yang berani mengkotori sungai. Tak ada yang berani merusak mata air. Sekarang?

Ketika hantu kotak merusak kerangka pikiran kita, sehingga dengan mata tertutup kita memberanikan diri melawan apa yang tak kasat mata. yang sebenarnya ada untuk harmoni bumi. Jangan salahkan pohon keramat ketika ada yang mengharap pesugihan dibawahnya. Yang goblok itu manusianya. Pohon besar itu ndak salah. lalu dengan gegabah kita rusak pohon itu dengan alasan keselamatan iman. Pohon pun tumbang ditebang. Tunggu beberapa hari lagi saat tiba-tiba tanah longsor datang. Akan ada banyak suara hasil budidaya hantu cekik

Yang klenik akan berkata “lihat sing njogo uwit jengkel!”
Yang keberanianya buta akan mengatakan “betapa jahanamnya penunggu pohon itu?!mari kita doakan agar mampus”

Semua itu adalah akibat dari hantu kotak

Mereka tak sadar bahwa ada harmoni disana. Lebih dari hantu sundelbolong dan sebagainya. Disana itu ada kehidupan. Yang jika kita memutusnya akan ada akibatnya. Kita membunuh orang saja akan dipenjara. Apalagi membunuh pohon yang memiliki akar untuk mencengkram tanah, dan memiliki daun untuk filter udara. Betapa pendeknya kita menyikapi hal yang tak kasat mata.

Kadang kita terlalu sok mengerti apa yang dibawakan nenek moyang kita. Peraturanya sudah ditetapkan sejak lama. Apa kamu kira ketika kun fayakun Tuhan tak memikirkan harmoninya? Apa kamu kira Tuhan tak menyelipkan konsep sebab akibat didalam kata ajaibnya itu? ketika kita menebang pohon, kita merusak harmoni alam, kita memutus harmoni kehidupan, lalu akan munculah apa yang disebut manusia bencana. Tanah longsor itu refleksi sebab dan akibat. Mungkin bagi tanah , longsor itu bukan bencana, memang itulah waktunya tanah jatuh bergulir kebawah karna tak ada pohon yang mencengkram tanah dengan akar-akarnya.

Konsep go green! Itu sudah dirancang nenek moyang kita dari dulu. Mereka sudah memikirkan adanya harmoni dibumi. Lalu mereka mengkeramatkan pohon agar tak ditebang seenaknya. Mereka mengkeramatkan laut, sungai, hutan, dan gunung agar tak dirusak dengan kerakusan-kerakusan. Sadar kah kita?! Hantu cekik membuat kita berani, tapi kita berani dengan mata tertutup.

Beberapa hari yang lalu aku bertemu dia, sosok yang akan kalian ketahui nanti, ia berjalan disekitar pantai selatan. Seperti biasa, dibibirnya selalu menempel rokok kretek. Ia melambaikan tangan dan menyapaku

ngger, sini. ayo buang sial. Sini ngger mandi dilaut selatan. Ben beban uripmu ilang. Rontok kesele ngger”

Waktu itu aku masih tak sadar betul apa maksudnya, aku buka baju dan celan jeans biru setiap hari ku, dan aku kini berada ditengah ombak yang bertenaga. Hanya dengan celana dalam dan sosok itu.

jangan kamu yakini apa yang kamu nggak tahu, jangan kamu putuskan hal yang samar-samar. Harmoni itu ada bukan untuk dipuja. Harmoni ada untuk mengingatkan kita bahwa ada satu kekuatan yang menggerakan semua kekuatan-kekuatan ini le. Kekuatane Gusti Allah. Kabeh kui uwis diatur. Ketika kita menemui kekuatan-kekuatan tak kasat mata, ingat lah yang membuat kekuatan itu. ingatlah Tuhan ngger. Sing ono ning tivi kui ngapusi kabeh. Ra sah melu-melu. Ra sah gumunan. Kabeh sing dadi trend saiki, sing lagi mok tiru-tiru iku ngger, go green lah, anarki lah, kui wis ono soko mbiyen le. Kita saja yang ndak mau membaca apa yang sudah ada di saku kita. Kita malah dengan susah payah mencopet-merogoh saku orang lain. Kita susah payah hingga keblinger membaca apa yang disaku orang lain. Padahal sakumu dewe kui komplit le. Tapi di eling-eling. Ojo mung moco dengan satu kacamata ngger. Jangan dilihat dengan satu mata. gunukan semua matamu. Mata kanan dan kiri mu itu Cuma mata fisik. Kamu harus bisa membuka mata-mata yang lain”

Lalu benar, apa yang menjadi beban pikiran, semua lelah, semua sakit hati luluh dibawa ombak pantai selatan. Karna alam mengobati dengan energi postif. Bukan, bukan klenik kawan. Ketika suhu kita panas, lalu kita rendam dalam air yang dingin menghangatkan, semua pikiran itu dibuyarkan oleh suara ombak yang terpecah batu. Oleh buih yang hilang dan datang. Oleh langit biru. Atau jika beruntung oleh mata hari terbit. Bukan karna klenik. Ini karna harmoni yang Tuhan berikan. Tidak hanya dipantai selatan. Kalian bisa hilangkan stress kalian di pantai manapun. Saat matahari tenggelam atau terbit. Tapi di pantai selatan, dengan matahari terbitnya, alam begitu menyembuhkan. Pantai selatan adalah apotik jiwa yang Tuhan siapkan. Bukan klenik, ini adalah harmoni. Dan harmoni bukan untuk kita puja. Harmoni ada untuk mengingatkan kita bahwa dibelakang harmoni, ada satu kekuatan kekal dan maha dahsyat yang menggerakannya. Ialah Tuhan.

Tuhan itu misteri. Tapi Ia bukanlah hal yang misterius..



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar